Sabtu, 08 September 2012

LDR, Siapa Takut?

Pastinya kita sudah tidak asing lagi mendengar kata hubungan jarak jauh atau bahasa kerennya Long Distance Relationship (LDR). Sebenarnya LDR bukanlah hal yang mustahil. Asalkan kita mampu menyikapinya dengan bijak, ending bahagia pasti dapat tercapai.

Tapi, tak jarang pula yang kandas ditengah perjalanan. Banyak alsan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Seperti jenuh, was-was, atau tidak nyaman untuk melanjutkan hubungan seperti itu. Yah, itu semua kembali kepada pasangan yang emnjalaninya.



So, gimana sih caranya membuat hubungan jarak jauh tetap hangat?

1. Belive Your Couple
Ini merupakan hal yang wajib untuk kamu. Ya, kepercayaan adalah hal yang paling dasar yang harus kamu miliki. Dengan begitu perasaan kita akan tenang meskipun si dia jauh disana. Jika kamu bertanya bagaimana saya melakukannya. Silahkan tanyakan secara langsung kepada karma :)

2. Komitmen dan tujuan
Sebuah hubungan tanpa adanya sebuah komitmen dan tujuan, ibarat sebuah kapal yang terombang ambing di tengah lautan. Percuma saja anda menjalin sebuah hubungan jika tidak jelas apa tujuan dari semuanya. Ya, kecuali jika anda adalah seorang bocah SMP yang baru pacaran.
Dengan hadirnya sebuah komitmen bagaimana kedepannya, kita memiliki arah yang jelas. Sehingga, hubungan ini bukanlah sebuah pelampiasan emosi sesaat. Ini merupakan media untuk menyatukan kehidaupan kita dan pasangan kita dalam ikatan cinta selamanya. Memiliki keluarga bahagia merupakan hal indah bukan?

3. Jaga komunikasi
Jujur saja, mendengar suara pasangan yang terpisahkan oleh jarak merupakan hal indah. Komunikasi juga penting ketika pasangan atau kita sedang 'galau'. Jangan sampai karena hal kecil saja hubungan kita menjadi kandas.
Disinilah peran pasangan. Coba selesaikan dengan kepala dingin, jangan saling keras kepala, hargai pendapat pasangan, dan percaya bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Bukan hanya masalah dengan pasangan saja yang harus 'transparan'. Coba ceritakan bagaimana masalah yang datangnya dari luar.

4. Jangan percaya gosip
Yup, hal ini kerap kali menjadi cikal bakal dari keretakan hubungan. Coba tanyakan secara baik baik jika ada kabar angin yang sumbernya tidak jelas. Dan buat loe, coba buat jujur. Bicra apa adanya aja. "€œSesuatu yang diawali dengan kebohongan, akan diakhiri dengan kebohongan dan penyesalan"

5. Kenali lingkungan dan teman pasangan
Oke, saya sendiri pernah dibuat 'galau' oleh hal ini. Wajar saja saya cemburu jika dia dekat dengan pria lain. Tapi, percuma saja cemburu berlebihan (cemburu biasa oke oke saja). Toh, disini juga banyak wanita, sama seperti kondisi dia disana.
Penyelesaian untuk masalah ini ada dua. Pertama, buat perjanjian dengan karma. Dan kedua, biarkan saja dia selingkuh (hanya berteman) dengan orang lain, asalkan perasaan dia hanya satu, untuk kita.

6. Luangkan waktu untuk bersama
Saat kita menjalin hubungan jarak jauh otomatis waktu kita untuk berduaan dengan si dia akan terpangkas habis. Jangan sampai karena alasan jarangnya bertemu membuat perasaan cinta kita memudar. Untuk itu, usahakan untuk meluangkan waktu untuk dia. Tidak perlu bertemu secara langsung. Sekarang ini teknologi sudah canggih. Kita bisa mendengar suara merdunya (kadang serak -_-) dengan telpon.
Atau, kita bisa melakukan kencan online. Seperti menggunakan fasilitas chating. Lebih bagus lagi jika kita melakukan video call. Ya, cengar cengir sendiri di depan komputer ("€œ -____-)

Itu semua adalah tips saya menjalani hubungan jarak jauh yang saya alami sendiri. Semoga dengan posting ini dapat membantu sesama pejuang cinta. Hahaha :D
Posting ini dipersembahkan khusus untuk Saras Sarita :*

31 komentar:

  1. semuanya setuju, komunikasi hal penting saat berhubungan jarak jauh, selain itu harus saling percaya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, kalau tidak saling percaya galau terus bawaannya -_-

      Hapus
  2. Balasan
    1. lagian nyari pasangan maho ....
      Ya susah lah :v

      Hapus
  3. wapskin > patut di coba tuh ahaydeuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan nyoba sama kambing ._.
      Bahaya ....

      Hapus
  4. tips yang mantabs sobat, tapi yang jelas LDR akan lebih bnyak tantangan dan godaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti, kalau godaan selingkuh ga ada
      tapi was was sama yang disana T_T

      Hapus
  5. Saling percaya dan komunikasi yang baik merupakan salah sau cara terbaik dalam melakukan LDR ini sahabat...
    Salam kenal dan salam persahabatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. perasaan udah lama kenal deh mas ._.
      Cuma, saya aja yang jarang mampir

      Hapus
  6. Aku jg lg njalanin hubungan LDR sob, udah 4 bulan LDR.

    BalasHapus
  7. wahh... ujiannya berad kang ;( huehehehe.. tapi emang bisa bisa ajja sii... asal iia itu tadi.. komunikasi.. sama kepercayaan dee :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ujiannya berat. Ujungnya nikmat ._.v
      hahahaha

      Hapus
  8. mantap bos hati2 dg cinta hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, itu tergantung siapa dulu pelakunya :)

      Hapus
  9. Saya setuju poin adanya rasa saling percaya itu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau ga saling percaya galau terus bawaannya :D

      Hapus
  10. aku juga ikutan stuju,,
    hehehehe
    boleh kn???

    BalasHapus
  11. tips yang mantap buat LDR,
    /Mmm.. salam kenal sob :)

    BalasHapus
  12. terimakasih sharing nya mas bro.!!
    sangat bermanfaat untuk saya.
    saya tunggu sharing berikutnya,
    salam sukses selalu ya masbro?

    BalasHapus
  13. ehm, saya pernah ngalamin. bener kata ente. intinya adalah percaya pasanga, namun itu juga tidak mudah. harus bener bener punya komitmen

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, saya juga berhadapan sama anak kost nih :D

      Hapus
  14. hehe maslah cinta2-an jarak jauh belum pernah sih.. kalo liat2an jarak jauh pernah ehehehe.. :D

    BalasHapus
  15. bertandang malam sobat,
    oya undangan LinkedIn dari mas rupi udah ana penuhi,
    terima kasih

    BalasHapus
  16. saling mengendalikan diri dan saling mengalah, akan membuat hubungan menjadi lebih dewasa.

    BalasHapus

Dilarang keras:

1. Memancing keributan
2. Flaming
3. Spamming
4. Out of topic
5. Junk
6. Berkata kotor, kasar, menghina orang lain
7. Menghina agama
8. Memasang link hidup

Berkomentar, follow blog saya dan saya lakukan hal serupa dengan blog anda
Budayakan komentar berbobot !