Sabtu, 28 Januari 2012

Tag Body Part 1 [Tutorial HTML]


Tag Body [Tutorial HTML] - Balik lagi dengan saya yang terlanjur tampan di blog Shinigami Note ini. Sebelumya saya pernah mengajarkan berbagi ilmu tentang pengenalan HTML, Pengenalan HTML [part 2], dan yang terakir Tag Anchor [tutorial html]. Dan kali ini kita akan membahas tag body [<body>] yang merupakan salah satu tag terpenting di dalam penulisan HTML.

Tag body adalah tag yang akan mengatur tampilan atau isi dari pada browser. Tag body memiliki beberapa atribut antara lain:
• Bgcolor
• Background
• Text
• Link
• Alink
• Margin
• Dan lain-lain (kalau di jelasin semua malah pusing nanti :D )

Oke dari pada bingung mending langsung praktek, dan saatnya buka notepad ....
(Klik start, all programs, accessories, notepad)
Tulis kode berikut kedalam notepad

Lalu simpan dengan nama Shinigami.html dan pilih save type: all files

Bgcolor


Bgcolor atau background color alias warna latar adalah atribut yang digunakan untuk menentukan warna latar belakang yang akan ditampilkan nantinya. Warna pada HTML ditentukan dengan pola RGB (Red green blue). Misal kita ingin membuat background warna hitam maka:


Background


Berbeda dengan atribut bgcolor yang hanya membuat warna latar, tag Background ini akan membuat latar belakang dengan gambar. Rumusnya <body background=”url gambar” >
Misal:


Text


Atribut text ini digunakan untuk mewarnai text secara umum. Sebenarnya jika tidak menggunakan atribut ini warna text otomatis akan berwarna hitam.
Misal kita ingin warna merah :


Link


Hampir serupa dengan atribut text, tetepi atribut link ini bekerja pada pabrik pewarnaan link (tautan)secara umum. Jika kita tidak menyisipkan atribut ini maka secara default (bawaan) warna link adalah biru. Dan dengan atribut ini kita bisa mengubahnya. Misal kita ingin memberikan warna putih pada link, maka:


Alink


Nah, kalau yang satu ini berguna ketika sebuah tautan atau link di sorot lampu oleh kursor. Jika kita menambahkan atribut ini maka kita bisa menentukan warna ketika sebuah link atau tautan di tunjuk oleh kursor. Misal kita ingin menggunakan warna merah, maka:


Margin


Akhirnya sampai juga pada pembahasan yang terakhir, yaitu mengenai margin. Si margin ini berfungsi untuk mengatur jarak antara konten ketepian. Misal kita ingin membuat jarak tepian 15 pixel, maka:


Sekian untuk penjelasan tag body part 1 ini, jika ada yang bingung silahkan tinggalkan komentar. Semoga membermanfaat.

2 komentar:

  1. Tutorial yang bagus bagi yang baru belajar HTML.
    Keep posting.....

    Happy blogging

    BalasHapus

Dilarang keras:

1. Memancing keributan
2. Flaming
3. Spamming
4. Out of topic
5. Junk
6. Berkata kotor, kasar, menghina orang lain
7. Menghina agama
8. Memasang link hidup

Berkomentar, follow blog saya dan saya lakukan hal serupa dengan blog anda
Budayakan komentar berbobot !