Rabu, 14 September 2011

Pengenalan HTML untuk membuat web

Sebelumnya saya mohon maaf apabila nanti ada kesalahan, di karenakan saya masih newbie dan belajar belajar secara autodidak. Tapi karena banyak permintaan, ya sudah saya buat kelas untuk belajar HTML ini.


Hal pertama ialah mengetahui apa itu HTML. HTML adalah bahasa pemrograman dasar yang digunakan untuk membangun sebuah situs. HTML sangat mudah digunakan dan diaplikasikan, oleh karena itu apabila kalian ingin belajar membangun sebuah situs sendiri maka bahasa HTML wajib kalian pelajari. Pelajaran HTML ini akan diberikan dalam bahasa yang mudah dimengerti sehingga kalian dapat belajar mulai dari nol alias tidak tahu apa-apa tentang html.



HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language yang merupakan bahasa paling standard yang digunakan untuk membuat suatu website. HTML bukanlah merupakan suatu bahasa pemrograman, karena bahasa ini hanya berguna untuk mengontrol tampilan dari suatu halaman (web page) beserta isinya, beda dengan bahasa PHP yang didalamnya dapat mendukung suatu bentuk perulangan (Loop) atau bentuk pengandaian (if-else) sehingga bahasa PHP dapat disebut sebagai suatu bahasa pemrograman. Namun dengan berawal dari bahasa paling dasar ini kamu dapat menambahkan obyek-obyek lainnya seperti gambar, suara, video, dan permainan flash dalam suatu dokumen HTML.

HTML terdiri dari beberapa elemen yang saling berkaitan dan membentuk HTML yang utuh. Elemen HTML terdiri dari:
  • Head
  • Title
  • Body
Di setiap elemen di apit oleh tanda delimiter

text yang ada pada delimeter di sebut Tag

Secara umum format penulisan HTML memenuhi aturan

html

head

title isi dari title

/head

body isi yang akan di tampilkan

/body

/html


Untuk membuat suatu dokumen HTML, hal-hal yang kamu perlukan hanyalah sebuah text editor biasa seperti : Notepad atau Wordpad (program standar bawaan dari windows) lalu kamu mengetikkan kode HTML didalamnya kemudian di save (simpan) dengan akhiran (ekstensi) .htm atau .html. Sebagai contoh kamu bisa menyimpan dokumen HTML kamu dengan nama belajar.html Bila kamu ingin sebuah HTML editor yang lebih profesional lagi, mungkin kamu bisa menggunakan program MS FrontPage atau bahkan Dreamweaver (editor HTML yang paling terkenal), tetapi tentunya kedua program (software) diatas merupakan software berbayar yang tentunya disini kami amat tidak menyarankan kamu untuk mencari crack-nya atau menggunakan software ilegal. Kemudian apabila file kamu telah disimpan dengan akhiran .html atau .htm maka selanjutnya kamu dapat membukanya dengan software (dalam hal ini disebut browser) seperti : Internet Explorer (bawaan windows) , Mozilla Firefox , Google Chrome , Opera , atau browser lainnya.




Akhirnya kelas usai, sampai berjumpa di pertemuan yang akan datang.

Sumber:: pengalaman pribadi & berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang keras:

1. Memancing keributan
2. Flaming
3. Spamming
4. Out of topic
5. Junk
6. Berkata kotor, kasar, menghina orang lain
7. Menghina agama
8. Memasang link hidup

Berkomentar, follow blog saya dan saya lakukan hal serupa dengan blog anda
Budayakan komentar berbobot !